Sunday, December 18, 2011

Elemen Permukiman


Elemen-elemen permukiman ( ekistik elemen ) adalah sebagai berikut:

a) Alam Lingkungan (nature)

Keadaan geologi, kondisi topografi, kondisi tanah, hidrografi, flora dan fauna serta iklim.

b) Manusia (man)

Kebutuhan biologi, ruang, udara dan suhu, perasaan dan penglihatan, kebutuhan emosi ( hubungan sosial,keamanan dan keindahan), nilai moral.

c) Masyarakat (society)

Komposisi jumlah dan kepadatan penduduk, strata sosial, pola-pola kebudayaan, pertumbuhan ekonomi, tingkat pendidikan, tingkat kesehatan dan kesejahtraan, hukum dan administrasi.

d) Sarana (shells)

Perumahan, pelayanan masyarakat (sekolah, rumah sakit), pertokoan dan pasar, fasilitas rekreasi (teater,museum,stadion), pusat pemerintahan,pusat pelayanan informasi.

e) Jaringan Prasarana (Networks)

Air bersih, listrik, jaringan transportasi (jalan, jalur kereta api), sistem komunikasi, saluran air kotor, lay out lingkungan (pola lingkungan).


baca juga link terkait:
Pengertian Permukiman

No comments:

Post a Comment

“Harturyati na gocaram kimapi sam pusnati yatservad, hyarthibhyah prati padyamanamanisam prapnoti Vrddhimparam, kalpantesvapi na prayati nidhanam vidhyakhy – amantardhanam, yesam tanprati manamujjnata nrpah kastai saha spardhate”

Pengetahuan adalah kekayaan yang tidak bisa dicuri oleh siapapun, semakin banyak diberikan akan semakin berkembang, dengan memiliki pengetahuan akan hadir kedamaian dalam diri manusia
(Niti Sataka – sloka 12)