Sunday, December 4, 2011

Cara Membuat Blog


mau sharing materi ringan semoga bermanfaat.

sebelum saya berbagi tentang cara membuat blog, ada baiknya mengetahui apa itu blog. Blog adalah sngkatan dari Weblog. Orang pertama yang memperkenalkan blog adalah Jorn Barger 1997 pada bulan Desember. Blog bisa dianggap sebagai laman web pribadi. Ia bisa dijadikan sebagai catatan harian pribadi, majalah pribadi, rumah pribadi, kedai pribadi dan buku pribadi. Kita bisa menuliskan apa saja di dalam blog tersebut.
pada awalnya blog ini umumnya sebagai media "berbagi" dari seseorang untuk dibagi secara luas kepada setiap orang yang berkunjung ke blog yang dimilikinya. namun seiring perkembangan ketika pengunjung yang berkunjung ke blog tersebut semakin banyak, maka blog ini juga berkembang sebagai media promosi. maka mulailah ada pemasangan iklan (menjadi publisher) pada blog tersebut sehingga menghasilkan penghasilan bagi pemilik blog. "blog- from hobby be profit"


CARA MEMBUAT BLOG.
perlu diketahui ada banyak domain web yg memberikan kesempatan buat anda berkarya di blog secara gratis, diantaranya: www.blogger.com , www.wordpress.com , www.tumblr.com , www.blogsome.com , dll. untuk bahasan dalam tulisan ini khusus akan dibahas mengenai membuat blog di www.blogger.com.

Langkah Langkah membuat blog di blogger.com:
  1. Create an account / membuat akun
  2. Name your blog / beri nama blog anda
  3. Choose a template / memilih tampilan
Langkah Pertama: Create an account
sebelum buat blog di blogger.com anda harus punya email di www.gmail.com terlebih dahulu. setelah itu anda perlu membuka situs : https://www.blogger.com/start . Setelah itu klik pada perkataan CREATE YOUR BLOG NOW. Jika paparan baru sudah muncul, maka anda isikan sahaja apa yang di dalam kotak-kotak: email address sehingga word verification. Jika sudah terisi semua, anda tinggal mengklik CONTINUE.
Setelah mengklik CONTINUE maka akan muncullah paparan seperti di gambar diatas. Anda membuka akun dulu yaitu dengan mengisikan email anda, dan ulangi sekali lagi. Kemudian buatlah password anda dan isikan semula password anda sekali lagi. Anda tidak boleh lupa email dan password anda ini, karena diperlukan sekali ketika anda ingin mengisi tulisan pada blog anda atau mengedit dan menambah apa-apa dalam blog anda. Kemudian tuliskan huruf yang ada pada word verification, dan klik CONTINUE.

Langkah Kedua: Name your blog
Setelah mengklik CONTINUE maka akan muncullah paparan seperti di gambar atas. Anda namakan blog anda. Seperti blog ini, saya beri nama ARCABAN. Anda boleh menamakan apa saja mengikut selera anda. Di bawahnya anda tuliskan alamat blog anda. Seperti blog saya ini, alamatnya: www.arcaban.blogspot.com. Nah anda bisa menambahkan apa saja alamat blog anda, dengan syarat belum ada orang lain yang membuat lebih awal nama yang sama dengan alamat yang anda tuliskan. Jadi ulangilah lagi sehingga nama itu diterima. Jika diterima maka akan diberi tanda "available". Kemudian tuliskan huruf yang ada pada word verification, dan klik CONTINUE

Langkah Ketiga: Choose a template
Langkah selanjutnya anda perlu memilih salah satu tamplate yang akan digunakan oleh blog anda. Anda bisa memilih warna dan model yang anda sukai. Setelah anda pilih salah satu, maka anda lanjutkan dengan mengklik CONTINUE. Anda tidak perlu risau tentang tamplate ini karena jika anda kurang cocok dengan pilihan anda tadi, maka anda bisa mengganti tamplate lain pada setiap saat anda kehendaki. Bahkan banyak situs-situs yang memberikan tamplate gratis selain yang ada di dalam situs blogger ini.

SUKSES
Langkah ketiga tadi adalah langkah terakhir dalam pembuatan blog secara dasar. Setelah anda mengklik CONTINUE pada langkah ketiga, maka muncullah paparan seperti pada gambar diatas. Dengan itu anda telah berhasil membuat blog anda. Selanjutnya anda bisa menuliskan apa saja pada blog anda

No comments:

Post a Comment

“Harturyati na gocaram kimapi sam pusnati yatservad, hyarthibhyah prati padyamanamanisam prapnoti Vrddhimparam, kalpantesvapi na prayati nidhanam vidhyakhy – amantardhanam, yesam tanprati manamujjnata nrpah kastai saha spardhate”

Pengetahuan adalah kekayaan yang tidak bisa dicuri oleh siapapun, semakin banyak diberikan akan semakin berkembang, dengan memiliki pengetahuan akan hadir kedamaian dalam diri manusia
(Niti Sataka – sloka 12)