Monday, October 19, 2009

Stein's Neighbourhood

Tulisan ini berdasarkan literatur buku: "Emerging Concepts in Urban Space Design", oleh Broudbent, Geoffrey. Semoga dapat membantu bagi yang memerlukan.

Clarence Perry mengembangkan ide tentang neighbourhood unit dengan menganalisa keugulan yg ditemukan pada gardening dan forest hills gardens. Neighbourhood fokus kepada comunity center, tempat untuk rembug bersama anggota masyarakat. Hal penting dalam konsep yang ditawarkan oleh perry adalah pada fasilitas umum keseharian masyarakat seperti: toko, sekolah, taman bermain haruslah berada pada jarak pejalan kaki dengan setiap rumah yang ada. Yang nantinya akan berpengaruh pada ukuran dari neighbourhood itu sendiri. Jalan dengan intensitas yg tinggi dijauhkan dari lingkungan neighbourhood. Neighbourhood ini dapat menampung 5000 orang, cukup besar untuk penyediaan kebutuhan fasilitas keseharian, dan tidak terlalu kecil sebagai suatu komunitas.

Ide dari Perry tersebut kemudian dikembangkan oleh Clarence Stein dengan sistem jalan grid, pemisahan antara jalan besar dengan jalan neighbourhood, dan dengan neighbourhood park yang akhirnya membentuk green belt yg mengelilingi kota. Contohnya dapat kita lihat pada kota Radburn di New Jersey, dimana tampak adanya pemisahan antara pedestrian dengan jalur kendaraan serta adanya underpass dan overpass.

Rangkuman elemen pada perencanaan Radburn:

  1. The superblok – diletakkan berdekatan dengan bentuk yg persegi.
  2. Jalan yg dibangun dan direncanakan peruntukannya, untuk privat atau publik
  3. Pemisahan yg jelas antara pedestrian dengan jalur mobil/kendaraan
  4. Houses turned around, dengan ruang keluarga dan ruang tidur menghadap garden dan park, sedangkan ruang servis menghadap akses jalan
  5. Park menjadi tulang punggung dari neigbourhood.
Digunakan nya cul-de-sac sebagai jalur memutar kendaraan yang melalui area perumahan. Pemisahan akses jalan pada neighbourhood dengan jalur arteri primer dilakukan untuk keamanan dan kenyamanan akitifitas warga itu sendiri seperti seperti sekolah dan park yg ada.

2 comments:

  1. assalamualaikum,boleh saya bertanya? dimana awak dapatkan buku "Emerging Concepts in Urban Space Design", oleh Broudbent, Geoffrey. saya sedang mencari buku tersebut, boleh bantu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukunya saya dapat dari perpustakaan arsitek dan planologi ITB (Institute Teknologi Bandung)

      Delete

“Harturyati na gocaram kimapi sam pusnati yatservad, hyarthibhyah prati padyamanamanisam prapnoti Vrddhimparam, kalpantesvapi na prayati nidhanam vidhyakhy – amantardhanam, yesam tanprati manamujjnata nrpah kastai saha spardhate”

Pengetahuan adalah kekayaan yang tidak bisa dicuri oleh siapapun, semakin banyak diberikan akan semakin berkembang, dengan memiliki pengetahuan akan hadir kedamaian dalam diri manusia
(Niti Sataka – sloka 12)