Thursday, November 26, 2009

Le Corbusier: Ville radieuse

Tulisan ini berdasarkan literatur buku: "Emerging Concepts in Urban Space Design", oleh Broudbent, Geoffrey. Semoga dapat membantu bagi yang memerlukan



BASIC IDEA

  • Pengaruh yang ditimbulkan oleh jalan dan perumahan membuat lingkungan menjadi crowded.
  • Solusi yang ditawarkan oleh Le Corbusier adalah dengan vertikal garden city.
  • Bangunan tersebar merata di tengah dan mengisi sekitar 5% lahan
  • Bangunan residenstial akan memakai lahan lahan sebesar 15 % dari total lahan yang ada, dan sisanya untuk ruang terbuka hijau.
  • Berbeda dengan garden city nya Howard yaitu dengan kota kecilnya (small town) ide Corbusier adalah dengan benbuat bangunan tersebut lebih vertikal/ high rise.


JALAN MENURUT CORBUSIER

  • Jalan yang lama tidak sesuai lagi dengan perkembangan alat transportasi yang ada. Jalan yang baik menurut Corbusier adalah jalan yang mampu dilalui kendaraan dengan kecepatan optimal (60 mile/jam) dengan lebar jalan 120 kaki.
  • Kota merupakan pusat dari jaringan jalan, kereta, dan juga bandara.


Corbusier menawarkan 2 tipe hunian pada pusat kota : yaitu Terraces, dan Apartement Block.

  • Terrace adalah bangunan hunian terdiri dari 6 lantai yang memiliki taman sendiriรจTipe maisonettes
  • Apartement Block: adalah bangunan hunian yang berkembang vertikal dengan dilengkapi balkon seperti Tipe Villa
  • Dimana setiap bangunan akan mendapatkan sinar matahari, udara segar secara kontinu. Serta akan memiliki tingkat privasi yang tinggi
  • Pusat dari kota nya sendiri dikelilingi oleh taman 2.400 – 1.500, dengan dilengkapi oleh bangunan pencakar langit 24-60 lantai



New York adalah kota modern yang menerapkan ide dari Corbusier dengan pembanguan ke arah vertikal. Namun menurut Corbusier gedung pencakar langit kota New York masih terlalu kecil tidak seperti yang ada di benaknya, serta masih terdapat beberapa ditail yang tidak sesuai dengan perencanaannya.


2 hal yg mempengaruhi kota di massa urbanism adalah automobile dan elevator. mobil telah merubah wajah kota dengan dominasi pembangunan jalan. serta elevator-lah yang memungkinkan untuk pengembangan bangunan berlantai tinggi, dengan elevator sebagai sarana pergerakan vertikal dalam bangunan. kedua hal inilah yg merubah banyak wajah kota didunia setelah revolusi industri. (wajah kota tambah bagus ato buruk... silahkan nilai sendiri)

No comments:

Post a Comment

“Harturyati na gocaram kimapi sam pusnati yatservad, hyarthibhyah prati padyamanamanisam prapnoti Vrddhimparam, kalpantesvapi na prayati nidhanam vidhyakhy – amantardhanam, yesam tanprati manamujjnata nrpah kastai saha spardhate”

Pengetahuan adalah kekayaan yang tidak bisa dicuri oleh siapapun, semakin banyak diberikan akan semakin berkembang, dengan memiliki pengetahuan akan hadir kedamaian dalam diri manusia
(Niti Sataka – sloka 12)