Friday, October 16, 2009

Howard's Garden City



Tulisan ini berdasarkan literatur buku: "Emerging Concepts in Urban Space Design", oleh Broudbent, Geoffrey. Semoga dapat membantu bagi yang memerlukan.

Gerakan Garden City merupakan pendekatan perencanaan perkotaan yang muncul pada tahun 1898 oleh Sir Ebenezer Howard di Inggris. Kota mengalami tekanan akibat populasi yg meningkat maka diciptakan kota baru dan banyak kota kecil di pingiran/ sekeliling kota lama. Hal ini juga untuk mengantisipasi urbanisasi ke pusat kota, sehingga kondisi pusat kota dapat dijaga.

Pada tahun 1898, Sir Ebenezer Howard menerbitkan buku Tomorrow: A Peaceful Path to Real Reform (yang 4 tahun kemudian diterbitkan ulang dengan judul Garden Cities of Tomorrow), yang menuangkan idenya mengenai konsep perencanaan sebuah kota baru. Konsep ini menggabungkan aspek-aspek terbaik yang dimiliki oleh kota dan desa.

Three Magnet Diagram, Garden City menggabungkan semua aspek terbaik yang dimiliki kota dan desa, untuk menciptakan sebuah kota baru yang nyaman dan aman bagi manusia. Aspek-aspek ini disederhanakan dalam Diagram 3 Magnet

.


Idenya adalah pengelompokan fungsi kota secara konsentris. Central park sebagai pusat, lalu ring pertamanya adalah publik building yang kemudian dikelilingi lagi oleh ring yang terdiri dari parkland. Dipotong oleh 6 boulevard ke arah pusat dan dikelilingi oleh crystal palace: arcade kaca yang besar.. Ring berikutnya adalah perumahan (houses) yg dikelilingi oleh grand avenue dan green belt. Ring terluar adalah: factories, ware house, dairy market, coal yard, imber yard. Perencanaan ini diproyeksikan untuk 5500 bangunan dalam lahan 130x20 kaki, untuk populasi 30.000, terdapat 200 rumah


Garden City akan menjadi mandiri dan ketika mencapai populasi penuh, maka akan dikembangkan lagi sebuah Garden City didekatnya. Howard membayangkan suatu kumpulan dari beberapa Garden City sebagai satelit dari pusat kota, dihubungkan oleh jalan dan rel kereta api yang dapat menghubungkannya dalam beberapa menit. Seperti gambar di samping kiri. Dimana Howard memproyeksikan perencanaan tersebut dalam lahan 66.000 hektar untuk populasi 250.000. Garden City yang diterapkannya dapat dilihat pada Letchwort dan Welwyn.


No comments:

Post a Comment

“Harturyati na gocaram kimapi sam pusnati yatservad, hyarthibhyah prati padyamanamanisam prapnoti Vrddhimparam, kalpantesvapi na prayati nidhanam vidhyakhy – amantardhanam, yesam tanprati manamujjnata nrpah kastai saha spardhate”

Pengetahuan adalah kekayaan yang tidak bisa dicuri oleh siapapun, semakin banyak diberikan akan semakin berkembang, dengan memiliki pengetahuan akan hadir kedamaian dalam diri manusia
(Niti Sataka – sloka 12)