Thursday, November 24, 2011

Festival Kembang api Sumidagawa


Sumidagawa Fireworks Festival atau dalam bahasa jepang-nya Sumidagawa Hanabi Taikai 隅田川花火大会.

festival kembang api ini adalah kegiatan rutin tahunan yang selalu diadakan pada hari sabtu terakhir di bulan juli. Lokasi dari festival ini adalah di sumida-gawa (gawa: sungai) artinya di sungai sumida, dekat daerah asakusa. Berbeda dari festival kembang api yang lain, festival ini merupakan sebuah tradisi di jepang, dimana ada sebuah kompetisi atau unjuk kepiawaian antara beberapa group yang ahli dalam pembuatan kembang api. semua group akan menunjukkan kemampuan terbaik mereka, sehingga kita sapat menyaksikan beragam jenis warna dan pola kembang api ketika festival ini berlangsung. (best performance lah pokoknya)
festival ini telah diselenggarakan pada 24 juli 2010, 23 juli 2011. dan yang berikutnya akan diselenggarakan pada 28 juli 2012. Festival ini sudah berlangsung semenjang jaman edo (wih dah lama amat donk, sebelum restorasi meiji) bahkan dari beberapa literatur festival ini merupakan festival kembang api tertua yang ada. kegiatan festival ini telah menarik jutaan wisatawan untuk berkunjung ke jepang setiap tahun nya untuk menikmati keindahan kembang api ini.

mau tau bagaimana keadaan saat menjelang dan saat festival berlangsung lihat disini



SEJARAH
festifal kembang api ini merupakan festifal kembang api tertua yang pernah tercatat dalam sejarah sudah sejak jaman edo. pada tahun 1732 jepang mengalami musibah penyakit yang menewaskan banyak warga jepang, populasi penduduk berkurang signifikan. pada tanggal 28 mei 1733, Shogunate (eighth shogun Yoshimune) mengadakan upacara persembahan pada dewa air di sungai sumida, mereka berdoa untuk mendamaikan jiwa/roh yang telah meninggal akibat penyakit tersebut dan untuk mengusir setan/ kekuatan negatif yang membawa penyakit tersebut. pada waktu ini restauran/kedai yang berada di dekat jembatan Ryogoku
(Ryogoku Bridge) mendapat perintah untuk menyiapkan kembang api sebagai tanda mulainya upacara tersebut.
awal nya kegiatan ini bernama Ryōgoku Kawabiraki (両国川開き), dan pada tahun 1810 kegiatan ini menjadi kegiatan rutin sebagai sebuah festival yang sarat akan nuansa persaingan antara group pembuat kembang api. group Tamaya (玉屋) dan group Kagiya (鍵屋) merupakan dua group besar yang biasanya selalu mendominasi festival ini. jadi sangat seru untuk menyaksikan kebolehan/kemampuan dari masing-masing group ini.

video tentang festival kembang api ini banyak kok ada di youtube. ini salah satu nya saya unggah kembali disini


info: pelaksanaan festival pada tahun 2011 mengalami perubahan jadwal karena bencana tsunami yg terjadi di jepang pada 11 maret 2011. pelaksanaan yg sekiranya akan berlangsung berlangsung tgl 23 juli 2011, menjadi 27 agustus 2011 (diundur)


TEMPAT WISATAjika anda ingin berkunjung ke tempat ini pada saat festival akan sangat bagus sekali. karena ada banyak objek wisata pilihan di daerah ini. (baca ini)

1. Jembatan Ryogoku,
(Ryogoku Bridge) , Ryogoku-bashi

jembatan ini merupakan perbatasan antara 2 provinsi yaitu: Provinsi Shimousa dan Provinsi Musashi. karena menghubungkan 2 provinsi inilah jembatan ini bernama Ryogoku yang berarti 2 provinsi. pembangunan jembatan ini selesai pada 13 December 1659, tapi baru diberi nama Ryogoku pada tahun 1686. merupakan jembatan tertua dari 3 jembatan yg memlintasi sungai sumida.


info lebih lengkap tentang Jembatan Ryogoku baca disini

2. Asakusa

Tujuan utama di Asakusa adalah kuil Senso-ji. Kuil Budha itu, meskipun hingga kini masih digunakan sebagai tempat peribadatan, ramai dikunjungi sebagai objek wisata. Daya tarik kuil ini terletak pada sejarahnya yang sudah sepanjang 1.300 tahun lebih. Meskipun begitu, sebagian besar bangunan yang berdiri sekarang adalah hasil rekonstruksi yang rampung tahun 1958-1964. Upaya rekonstruksi terpaksa dilakukan setelah kuil ini rusak parah diterpa topan tahun 1945.

gerbang kaminari-mon, Anda akan segera menjumpai sederetan kios yang menjual beragam souvenir.yang terkenal. Kawasan wisata belanja sepanjang sekitar 100 meter ini bernama Nakamise. Gantungan kunci, kipas, pembatas buku, pedang katana, T-Shirt, hingga kimono ada di sana. Makanan dan kue-kue khas Jepang juga tersedia.


info lebih lanjut tentang Asakusa baca disini

3. Sumida River

sungai sumida adalah sungai penting yang membelah kota tokyo. banyak view menarik di daerah ini (cek disini) skyline kota dengan arsitektur oleh para arsitek ternama juga dapat kita nikmati di kawasan ini. seperti Asahi Beer hall , dll. di sini juga ada sumida park yang terkenal dengan pepohonan cherry (lihat disini)



info lebih lengkap tentang sumida river baca disini

2 comments:

“Harturyati na gocaram kimapi sam pusnati yatservad, hyarthibhyah prati padyamanamanisam prapnoti Vrddhimparam, kalpantesvapi na prayati nidhanam vidhyakhy – amantardhanam, yesam tanprati manamujjnata nrpah kastai saha spardhate”

Pengetahuan adalah kekayaan yang tidak bisa dicuri oleh siapapun, semakin banyak diberikan akan semakin berkembang, dengan memiliki pengetahuan akan hadir kedamaian dalam diri manusia
(Niti Sataka – sloka 12)