Monday, May 31, 2010

Shadow

it all about shadow...

shadow (bayangan) adalah suatu area dimana cahaya langsung dari sumber chaya tidak bisa mencapai area tersebut karena terhadalang oleh objek. sehingga membentuk siluet dari objek tersebut."jadi bayangan hanya akan muncul jika ada cahaya" ato "bayangan pertanda adanya cahaya"
bayangan telah lama menginspirasi manusia dalam kreasi nya.

1. sebagai sebuah seni (Art)
bayangan telah sejak lama dipergunakan sebagai elemen seni mulai dari seni klasik sampai tradisional dan modern.
2. Sebagai sebuah pengetahuan (Science)

sudah sejak lama peradaban mesir, yunani dan romawi memanfaatkan bayangan ini sebagai sebuah teknologi. mulai dari teknologi ukur untuk mengetahui tinngi atau jarak suatu objek hingga sebagai penunjuk waktu.
3. sebagai pemberi kesan dimensi (Dimentional)
bayangan adalah sebuah teknik gambar yang dipergunakan untuk menimbukan kesan 3 dimensi dan 2 dimensi pada gambar. menunjukkan efek dari cahaya/sisi gelap dan terang. menunjukkan kedalaman suatu objek, serta tekstur permukaan.
4. sebagai elemen penciptaan ruang interaksi publik (support public space interaction)
jika kita banyak baca buku mengenai interaksi dalam ruang urban. maka salah satu yang sering muncul adalah shadow. unsur bayangan menunjukkan kekayaan kualiatas permukaan pada sebuah kodidor jalan serta banyangan ini merupakan hasil dari elemen peneduh yang ada. sehingga biasanya sebuah ruang kota yang teduh/ banyak bayangan cenderung banyak aktivitas disana. bayangan ini sangat diperlukan terutama sekali pada area tropis dan panas, karena bayangan memberikan pelindungan terhadap panas matahari secara langsung.
this write is dedicate to someone special....

No comments:

Post a Comment

“Harturyati na gocaram kimapi sam pusnati yatservad, hyarthibhyah prati padyamanamanisam prapnoti Vrddhimparam, kalpantesvapi na prayati nidhanam vidhyakhy – amantardhanam, yesam tanprati manamujjnata nrpah kastai saha spardhate”

Pengetahuan adalah kekayaan yang tidak bisa dicuri oleh siapapun, semakin banyak diberikan akan semakin berkembang, dengan memiliki pengetahuan akan hadir kedamaian dalam diri manusia
(Niti Sataka – sloka 12)