Friday, January 20, 2012

mengenal daerah di jepang


Jepang (bahasa Jepang: 日本 Nippon/Nihon, nama resmi: Nipponkoku/Nihonkoku) adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Cina, Korea, dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Cina Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.

Jepang terdiri dari 6.852 pulau, yang membuatnya merupakan suatu kepulauan. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya. Sebagian besar pulau di Jepang bergunung-gunung, dan sebagian di antaranya merupakan gunung berapi. Gunung tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji yang merupakan sebuah gunung berapi. Penduduk Jepang berjumlah 128 juta orang, dan berada di peringkat ke-10 negara berpenduduk terbanyak di dunia. Tokyo secara de facto adalah ibu kota Jepang, dan berkedudukan sebagai sebuah prefektur. Tokyo Raya adalah sebutan untuk Tokyo dan beberapa kota yang berada di prefektur sekelilingnya. Sebagai daerah metropolitan terluas di dunia, Tokyo Raya berpenduduk lebih dari 30 juta orang.
jepang memili 4 pulau utama/ besar yaitu: Hokkaido, Honshu, Shikoku, Kyushu. (bisa diperhatikan seperti gambar diatas.

PREFECTURE
jika kita memperhatikan alamat di jepang biasanya kita mengenal istilah Prefecture, apakah prefecture itu?

Sistem Prefecture ini mulai diberlakukan ketika pemerintahan Meiji pada juli, 1871. Prefecture adalah buah wilayah administratif yang memiliki peraturan atau undang-undang sendiri (yuridiksi) yg wilayah nya lbih besar dari sebuah kota. sebuah Prefecture di pimpin oleh seorang gubernur (知事 chiji). kalo di indonesia Prefecture ini bisa diumpamakan seperti Provinsi. dahulu pada kekaisan Meiji terdapat 300 Prefecture. namun jumlah ini terus disusutkan menjadi 72 Prefecture pada tahun 1871, dan akhirnya pada tahun 1888 disusutkan menjadi hanya 47 Prefecture (hingga sekarang).
di Jepang sekarang ada 47 Prefecture. dimana terdiri dari 1 metropolis (都 to) yaitu: Tokyo, 1 circuit (political division) (道 dō) yaitu: Hokkaido, 2 Urban Prefecture (府 fu) yaitu: Osaka, dan Kyoto, 43 Prefecture (県 ken) lainnya. jadi jika ditotal pas jumlahnya ada 47.
Prefecture ini dikelompokkan menjadi 9 Region. yaitu : Hokkaido, Tohoku, Kanto, Chubu, Kansai, Chugoku, Shikoku, Kyushu, Okinawa.

berikut ini pembagiannya berdasarkan group Region nya:
A. Hokkaido: 1. Hokkaido,
B. Tohoku: 2. Aomori, 3. Iwate, 4. Miyagi, 5. Akita, 6. Yamagata, 7. Fukushima,
C. Kanto: 8. Ibaraki, 9. Tochigi, 10. Gunma, 11. Saitama, 12. Chiba, 13. Tokyo, 14. Kanagawa,
D. Chubu: 15. Niigata, 16. Toyama, 17. Ishikawa, 18. Fukui, 19.Yamanashi, 20. Nagano, 21. Gifu, 22. Shizuoka, 23. Aichi
E. Kansai: 24. Mie, 25. Shiga, 26. Kyoto, 27. Osaka, 28. Hyogo, 29. Nara, 30. Wakayama,
F. Chugoku: 31. Tottori, 32. Shimane, 33. Okayama, 34. Hiroshima, 35. Yamaguchi,
G. Shikoku: 36. Tokushima, 37. Kagawa, 38. Ehime, 39. Kochi,
H. Kyushu: 40. Fukuoka, 41. Saga, 42. Nagasaki, 43. Kumamoto, 44. Oita, 45. Miyazaki, 46. Kagoshima,
I. Okinawa: 47. Okinawa

Administrative divisions of Japan
Prefectural level
Prefectures
(都道府県 todōfuken)
Subprefectural level
Subprefectures
(支庁 shichō)


Districts
(郡 gun)

Municipal level
Designated cities
(政令指定都市 seirei-shitei-toshi)


Core cities
(中核市 chūkaku-shi)


Special cities
(特例市 tokurei-shi)


Cities
(市 shi)


Special wards (Tokyo)
(特別区 tokubetsu-ku)


Towns
(町 chō, machi)


Villages
(村 son, mura)

Sub-municipal level
Wards
(区 ku)



Sumber: Wikipedia

2 comments:

“Harturyati na gocaram kimapi sam pusnati yatservad, hyarthibhyah prati padyamanamanisam prapnoti Vrddhimparam, kalpantesvapi na prayati nidhanam vidhyakhy – amantardhanam, yesam tanprati manamujjnata nrpah kastai saha spardhate”

Pengetahuan adalah kekayaan yang tidak bisa dicuri oleh siapapun, semakin banyak diberikan akan semakin berkembang, dengan memiliki pengetahuan akan hadir kedamaian dalam diri manusia
(Niti Sataka – sloka 12)