Friday, January 13, 2012

COMMUNITY SCARY PLACE TOUR

Komunitas petualang tempat angker

sebuah tempat/ kota, acapkali memiliki mitos angker. hal ini jika kita pandang sebagai sebuah hal yang positif merupakan sebuah aset kota untuk di kembangkan, serta dapat menghidupkan kota dimalam hari. tempat angker biasanya merupakan bangunan tua yg kaya akan sejarah namun kerap tidak terawat. upaya konsumsi objek "angker" ini sebagai sebuah kegiatan "tour" selain dapat mempromosikan sejarah juga dapat memberikan kontribusi pada tempat tersebut sehingga diperhatikan dan terawat.
ada banyak studi banding yang dapat kita jadikan contoh akan kegiatan ini. seperti halnya di Amerika ada sebuah komunitas yang bernama "american ghost society" yang kerap mempromosikan tempat angker sebagai objek petualangan malam. bahkan tempat-tempat ini saling berkompetisi guna meningkatkan kunjungan ke tempat merekadi London, bahkan ada paket perjalanan yang bernama "The Ghost Bus Tour" dimana bus ini akan melintasi tempat-tempat bersejarah yang sarat akan mitos angker yang ada di kota London.
di Transylvania yang terkenal akan aset kastil "drakula", kota ini telah memanfaatkan mitos dan potensi fisik kastil yang ada sebagai icon kota sehingga dapat memberikan kontribusi pariwisata pada kota ini.
bahkan ada efent tahunan di amerika yang dikenal dengan Halloween. sesuatu yang angker terkadang dapat dibungkus menarik. bahkan anak-anak menikmati festival ini.
Nah bagaimana dengan Perspektif ide ini di Indonesia?
wacana tentang hal berbau "angker" di Indonesia sudah tidak asing lagi. buktinya banyak film yang mengangkat tema tersebut sebagai sebuah konsumsi tontonan publik
bahkan di Bandung dulu pernah ada kegiatan yang bernama "URBAN-dung Legend Walking Tour" yang ide nya adalah berwisata malam melewati tempat-tembat bersejarah dan angker yang ada di kota bandung.

INTISARI:
  • setiap kota tua (heritage) akan punya sejarah dan mitos dan sering legenda yang ada merupakan sebuah keangkeran yang sering membuat tempat tersebut justru di telantarkan. jika kita sikapi dengan arif ini dapat sebagai aset promosi kota.
  • ini merupakan salah satu gagasan untuk memfungsikan kota dimalam hari. memberikan sebuah aktivitas baru yang dapat berkontribusi bagi kota.
  • perlu juga disadari "percaya-atau tidak" ada dimensi lain / dunia gaib di semesta ini. jadi hendaknya kegiatan ini tdak saling menggangu. sehingga hal-hal yang tidak diinginkan justru merusak gagasan ide ini. hendak nya saling menghormati.

"ide nyeleh terkadang berdampak nyata"

No comments:

Post a Comment

“Harturyati na gocaram kimapi sam pusnati yatservad, hyarthibhyah prati padyamanamanisam prapnoti Vrddhimparam, kalpantesvapi na prayati nidhanam vidhyakhy – amantardhanam, yesam tanprati manamujjnata nrpah kastai saha spardhate”

Pengetahuan adalah kekayaan yang tidak bisa dicuri oleh siapapun, semakin banyak diberikan akan semakin berkembang, dengan memiliki pengetahuan akan hadir kedamaian dalam diri manusia
(Niti Sataka – sloka 12)