Thursday, June 2, 2011

Imaging The City


Imaging The City -> berikut ini saya sajikan sebuah jurnal oleh Prof. Larry Bale & Prof Sam Bass-Warner tahun 1998, yang telah saya terjemahkan dan artikulasikan sendiri mengenai teori pencitraan sebuah kota. tulisan ini merupakan gagasan ulang dari teori awal yang dikembangkan oleh Lynch (1960) dalam buku nya "the image of the city"

"City Is nothing more than structure and activity", citra sebuah kota akan dapat dirubah dengan memodifikasi struktur dan atau aktivitasnya. struktur dapat diartikan sebagai bentukan fisik atau "container" yang mewadahi/ sebagai tempat dari aktifitas yang ada, dimana aktivitas tersebut dapat kita artikan sebagai isi/kegiatan "content" dari sebuah kota. (fisik - sosial&ekonomi).

"Place as Structure plus Action" than "Space is Just Structure". ruang (space) hanya merupakan struktur atau bentukan fisik, dimana jika diberika sebuah kegiatan akan menjadikannya sebuah tempat (place). seperti yang dikatakan oleh Norberg-Schulz: "Place is Space with Character", tempat merupakan sebuah ruang yang memiliki karakter. Lynch (1960) berpendapat : "activity is a fundamental to practically of performance dimension related to human existence & behavior in the city", aktifitas sangat fundamental/mendasar dalam membentuk citra kota yang baik, dan kebanyakan berkaitan dengan kebiasaan dan eksistensi manusia di dalam kota tersebut.

untuk itu akan saya bahas berikutnya mengenai Struktur (structure) dan Aktivitas (activity).

Struktur
struktur merupakan objek fisik yang permanen atau berusia lama/panjang baik itu buatan manusia ataupun alam, "city is man-made object, as a work of architecture and engineering that grow over time". struktur adalah perpaduan dari "the formal properties of system of relationship" dan "the physical object that partake in such organizing relationship". lansekap dan street scape merupakan struktur, environmet terrain juga merupakan strutur. Struktur merupakan tempat manusia beraktivitas.
sebagai urban desainer dapat mengubah/memodifikasi struktur tersebut.

Aktivitas
aktivitas merupakan hal yang berkaitan dengan prilaku/kegiatan manusia baik secara sosial maupun ekonomi yang menunjukkan eksistensi manusia dalam lingkungan urban. seorang planner dapat mempengaruhi aktivitas ini dengan cara membuat aturan/regulasi, perijinan, keikutsertaan komunitas (community) dalam pengambilan keputusan kota.

Planner as Managers and Creator of Structure and Activities
struktur dan aktivitas seperti yang disebutkan oleh Norberg-Schulz sebagai "Genius Loci" yang membentuk sebuah karakteristik yang memberikan pengalaman pada dunia nyata. hal yang bersifat fisik dan aktivitas manusia dapat dimodifikasi dan dirancang oleh seorang ahli perencana (Planner) dan profesional lainnya.

"the only real change to city form will be changes to either it's structure or it's activities or both"

No comments:

Post a Comment

“Harturyati na gocaram kimapi sam pusnati yatservad, hyarthibhyah prati padyamanamanisam prapnoti Vrddhimparam, kalpantesvapi na prayati nidhanam vidhyakhy – amantardhanam, yesam tanprati manamujjnata nrpah kastai saha spardhate”

Pengetahuan adalah kekayaan yang tidak bisa dicuri oleh siapapun, semakin banyak diberikan akan semakin berkembang, dengan memiliki pengetahuan akan hadir kedamaian dalam diri manusia
(Niti Sataka – sloka 12)