Tuesday, April 6, 2010

Bangga Jadi Arsitek

tulisan ini saya buat untuk menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan sebagai seorang lulusan arsitektur.
ketika disurvey terhadap mahasiswa baru untuk jurusan arsitektur, kenapa mereka kuliah di arsitektur? apakah hasilnya.... (sesuai urutan terbanyak)
1. karena tidak suka matematik dan ilmu hitungan lainnya.
2. karena tidak diterima di jurusan kedokteran/ jurusan lainnya.
3. karena pengen jadi arsitek.
4. dll.
wah kalo diperhartikan ternyata mahasiswa yg memang bercita-cita sebagai arsitek jumlah nya lbh sedikit dari pada yang pelarian dan salah jurusan. hal ini saya alami sendiri, ketika kuliah dulu. baru semester 2 aja udah ada 30% teman saya yang mengundurkan diri, karena kuliahnya tidak semudah yang diduga. bergadang terus, tugas numpuk, harus survey lapangan, dll. trus pada akhirnya tidak semuanya mampu menamatkannya dengan berbagai alasan. wah ironis yach, mungkin itulah yang disebut seleksi alam.

data berikutnya: setelah tamat ternyata tidak semua lulusan arsitektur berkecimpung menjadi arsitek. hal ini cukup menarik karena ternyata kuliah di arsitektur kita dapat memiliki banyak cabang jenis pekerjaan dikemudian harinya. hal ini tidak terlepas dari seringnya mahasiswa berkecimpung di lapangan sehingga lulusan umumnya berwawasan luas.

Prospek Kerja

  • Instansi Pemerintah
    • Sorang alumni Arsitektur biasanya berperan sebagai perencana dan manajer proyek. Contoh : Dinas Pekerjaan Umum, Badan Perencanaan Daerah, dsb.
  • Architect in house
    • Pada beberapa perusahaan, terutama perusahaan besar biasanya memiliki beberapa arsitek khusus yang dipekerjaan untuk membangun kantor, rumah dinas, dan prasarana lain yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Contoh : Pertamina, Bank Indonesia, dll.
  • Konsultan Arsitektur
    • Seorang lulusan Arsitektur dapat bekerja dan memberikan jasa profesional sebagai desainer dan konsultan.
  • Pendidikan dan penelitian
    • Seorang lulusan Arsitektur dapat melanjutkan jenjang sekolah dan menjadi pengajar, ataupun menjadi peneliti khusunya di bidang urban development.
  • Kontraktor dan Manajemen proyek
  • QuantitySurveyor
    • Seorang lulusan Arsitektur dapat berperan sebagai Quantity Surveyor (QS). Seorang QS mengenal bahan-bahan bangunan dengan baik. Ia dapat memberikan masukan mengenai bahan terbaru pada saat arsitek merancang. Pada saat bangunan telah selesai dirancang, QS menghitung berapa biaya yang diperlukan untuk membangunnya.
  • Properti
    • Seorang lulusan Arsitektur dapat berprofesi sebagai marketing associate dan project manager
  • Multimedia, TV, tim kreatif Production House
    • Karena basis keahliannya dalam mendesain, seorang alumni Arsitektur dapat pula terjun di bidang kreatif seperti multimedia, dsb.
  • Bidang lainnya
    • Banyak lulusan Arsitektur yang berprofesi di bidang lainnya misanya perbankan, ataupun menjadi wiraswasta.
sebenarnya jadi makelar juga bisa. karena kita umumnya mengetahui analisis lahan dan prospek kedepan. sehingga tamatan arsitektur jarang ada yang menganggur. 80% dari tamatan aristektur pada 3 bulan pertama setelah lulus pasti sudah dapat pekerjaan. KEREN KAN... trus yang 20% kemana? umumnya mereka melanjutkan kuliah atau membuka pekerjaan sediri atau menjadi freelance...

satu hal lagi yang paling keren. "ARSITEK ADALAH PROFESI YANG PALING SEKSI MENURUT PENILAIAN WANITA" (baca artikel diatas). sebenernya bukan cuma wanita lho yang respect dengan arsitek. para orang tua dari wanita tersebut juga. wah kalo kalian mo ngapel kerumah cewek, kalo ditanyain ama ortunya kuliah dimana? maka dengan bangga akan bilang di arsitektur... jadi lebih PD kan...

4 comments:

  1. saya jadi harus cepet wisuda biar tambah seksi.. wkwkwkwkwk.. nice article.. lanjutkan..!!

    ReplyDelete
  2. trus apakah sekarang sudah wisuda?

    ReplyDelete
  3. kak, saya mau nanya, skrg saya lg kulia t.arsitektur, klau FG rata2 gajinya brapa ya?? koq kbnyakan FG jd drafter?? maaf sblmnya, msh newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. gaji rata2 FG itu berbeda2 di setiap daerah di Indonesia. ya rata-rata 2-3 jt/bln

      kenapa kebanyakan jadi drafter. simple aja, itu karena di bangku kuliah kita hanya mendapat sebagian kecil dari dunia arsitektur, di dunia kerja lah sesungguhnya kita belajar unt menjadi arsitek seutuhnya. so semakin bangus kamu dapat pengalaman kerja dengan arsitek hebat maka kamu akan mendapat ilmu yang makin banyak...

      lerning by doing...

      Delete

“Harturyati na gocaram kimapi sam pusnati yatservad, hyarthibhyah prati padyamanamanisam prapnoti Vrddhimparam, kalpantesvapi na prayati nidhanam vidhyakhy – amantardhanam, yesam tanprati manamujjnata nrpah kastai saha spardhate”

Pengetahuan adalah kekayaan yang tidak bisa dicuri oleh siapapun, semakin banyak diberikan akan semakin berkembang, dengan memiliki pengetahuan akan hadir kedamaian dalam diri manusia
(Niti Sataka – sloka 12)