Friday, December 10, 2010

Kesepian

seorang murid bertanya kepada guru / BABA (Swami Muktananda), saya ingin tahun bagaimana mengatasi perasaan kesepian yang menghantui pikiran?

BABA menjawab dengan memberi sebuah cerita

suatu kali raja pergi berziarah dengan dua orang sahabatnya. dalam perjalan beberapa perampok mengejar mereka. sahabat-sahabat raja menjadi khawatir dan raja pun bertanya, "apakah kalian takut"

"ya, jawab mereka, beberapa perampok mengejar kita".

raja kembali berkata, "sadarkah kalian siapa yang berada di belakang kita yang setara dengan beberapa pun jumlah perampok?"

karena kamu berpaling dariNya, maka kamu merasa kesepian. jadi sekarang gapailah Dia maka akan ada dua orang bersama kalian; Tuhan dan dirimu sendiri. perasaan kesepian akan hilang ketika kuasa Tuhan berada di mana-mana, mengapa seseorang harus merasa kesepian?

No comments:

Post a Comment

“Harturyati na gocaram kimapi sam pusnati yatservad, hyarthibhyah prati padyamanamanisam prapnoti Vrddhimparam, kalpantesvapi na prayati nidhanam vidhyakhy – amantardhanam, yesam tanprati manamujjnata nrpah kastai saha spardhate”

Pengetahuan adalah kekayaan yang tidak bisa dicuri oleh siapapun, semakin banyak diberikan akan semakin berkembang, dengan memiliki pengetahuan akan hadir kedamaian dalam diri manusia
(Niti Sataka – sloka 12)