Friday, June 29, 2012

Amblyopia (Mata Malas)


Mata malas (amblyopia) atau lazy eyes adalah sebuah kondisi yang umumnya terjadi pada anak-anak, dimana satu mata tidak mampu mengirimkan sinyal-sinyal yang sesuai dari retina belakang mata melalui saraf optik ke pusat penglihatan di otak. Jika tidak diobati, mata tidak akan berkembang dengan baik dan akan kehilangan penglihatan secara permanen. Meskipun biasanya hanya satu mata yang mengalami amblyopia, tidak menutup kemungkinan gangguan ini bisa terjadi pada kedua mata sekaligus. 
 
Apa yang Menyebabkan Amblyopia?
Pada mulanya, amblyopia dipicu ketika salah satu mata memiliki fokus yang lebih baik dari mata lainnya. Contohnya: satu mata memiliki minus atau silinder tinggi tetapi yang lain normal. Ketika otak anak dihadapkan dengan gambar yang buram dan gambar yang jelas, ia akan mulai mengabaikan gambar yang buram tersebut. Jika hal ini terjadi selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, penglihatan pada mata yang memiliki minus/silinder tinggi akan makin memburuk. 
 
Anak yang mengalami amblyopia biasanya tidak akan belajar untuk menggunakan kedua mata secara bersamaan. Mereka hanya akan menggunakan satu mata yang jelas dan secara tidak langsung, otak akan ‘dimatikan’ saat melihat gambar yang buram. Karena sejak dini hal itu dilakukan, maka mata tidak akan berkembang dengan baik sekalipun sudah menggunakan kacamata atau lensa kontak. 
 
Cara Mengatasi
Periksakan mata anak sedini mungkin (bahkan dari sejak kelahiran) untuk mengetahui gejala amblyopia dan mencegahnya berkembang menjadi lebih buruk. Apabila terdeksi, pacu anak untuk menggunakan mata yang buram ketika melihat sebuah objek. Caranya dengan melakukan terapi selama beberapa jam memakai patch (penutup satu mata) untuk menstimulasi sel-sel visual sehingga dapat memacu penglihatan yang lebih jelas. 
 
Alternatif lain adalah dengan menggunakan kacamata lensa koreksi atau tetes mata khusus yang direkomendasikan oleh dokter mata. Apabila diperlukan, operasi otot mata juga bisa dilakukan. Tindakan pengobatan sesegera mungkin sangat baik karena amblyopia akan makin sulit disembuhkan ketika anak mencapai usia 7-9 tahun. Diskusikan baik-baik bersama dokter mata sebelum mengambil langkah penyembuhan yang tepat bagi anak Anda. (TR)
 
sumber: http://optikmelawai.com/eye_info/waspadai-mata-malas-pada-anak-anak/195/



No comments:

Post a Comment

“Harturyati na gocaram kimapi sam pusnati yatservad, hyarthibhyah prati padyamanamanisam prapnoti Vrddhimparam, kalpantesvapi na prayati nidhanam vidhyakhy – amantardhanam, yesam tanprati manamujjnata nrpah kastai saha spardhate”

Pengetahuan adalah kekayaan yang tidak bisa dicuri oleh siapapun, semakin banyak diberikan akan semakin berkembang, dengan memiliki pengetahuan akan hadir kedamaian dalam diri manusia
(Niti Sataka – sloka 12)