Friday, January 20, 2012

mengenal daerah di jepang


Jepang (bahasa Jepang: 日本 Nippon/Nihon, nama resmi: Nipponkoku/Nihonkoku) adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Cina, Korea, dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Cina Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.

Jepang terdiri dari 6.852 pulau, yang membuatnya merupakan suatu kepulauan. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya. Sebagian besar pulau di Jepang bergunung-gunung, dan sebagian di antaranya merupakan gunung berapi. Gunung tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji yang merupakan sebuah gunung berapi. Penduduk Jepang berjumlah 128 juta orang, dan berada di peringkat ke-10 negara berpenduduk terbanyak di dunia. Tokyo secara de facto adalah ibu kota Jepang, dan berkedudukan sebagai sebuah prefektur. Tokyo Raya adalah sebutan untuk Tokyo dan beberapa kota yang berada di prefektur sekelilingnya. Sebagai daerah metropolitan terluas di dunia, Tokyo Raya berpenduduk lebih dari 30 juta orang.
jepang memili 4 pulau utama/ besar yaitu: Hokkaido, Honshu, Shikoku, Kyushu. (bisa diperhatikan seperti gambar diatas.

PREFECTURE
jika kita memperhatikan alamat di jepang biasanya kita mengenal istilah Prefecture, apakah prefecture itu?

Sistem Prefecture ini mulai diberlakukan ketika pemerintahan Meiji pada juli, 1871. Prefecture adalah buah wilayah administratif yang memiliki peraturan atau undang-undang sendiri (yuridiksi) yg wilayah nya lbih besar dari sebuah kota. sebuah Prefecture di pimpin oleh seorang gubernur (知事 chiji). kalo di indonesia Prefecture ini bisa diumpamakan seperti Provinsi. dahulu pada kekaisan Meiji terdapat 300 Prefecture. namun jumlah ini terus disusutkan menjadi 72 Prefecture pada tahun 1871, dan akhirnya pada tahun 1888 disusutkan menjadi hanya 47 Prefecture (hingga sekarang).
di Jepang sekarang ada 47 Prefecture. dimana terdiri dari 1 metropolis (都 to) yaitu: Tokyo, 1 circuit (political division) (道 dō) yaitu: Hokkaido, 2 Urban Prefecture (府 fu) yaitu: Osaka, dan Kyoto, 43 Prefecture (県 ken) lainnya. jadi jika ditotal pas jumlahnya ada 47.
Prefecture ini dikelompokkan menjadi 9 Region. yaitu : Hokkaido, Tohoku, Kanto, Chubu, Kansai, Chugoku, Shikoku, Kyushu, Okinawa.

berikut ini pembagiannya berdasarkan group Region nya:
A. Hokkaido: 1. Hokkaido,
B. Tohoku: 2. Aomori, 3. Iwate, 4. Miyagi, 5. Akita, 6. Yamagata, 7. Fukushima,
C. Kanto: 8. Ibaraki, 9. Tochigi, 10. Gunma, 11. Saitama, 12. Chiba, 13. Tokyo, 14. Kanagawa,
D. Chubu: 15. Niigata, 16. Toyama, 17. Ishikawa, 18. Fukui, 19.Yamanashi, 20. Nagano, 21. Gifu, 22. Shizuoka, 23. Aichi
E. Kansai: 24. Mie, 25. Shiga, 26. Kyoto, 27. Osaka, 28. Hyogo, 29. Nara, 30. Wakayama,
F. Chugoku: 31. Tottori, 32. Shimane, 33. Okayama, 34. Hiroshima, 35. Yamaguchi,
G. Shikoku: 36. Tokushima, 37. Kagawa, 38. Ehime, 39. Kochi,
H. Kyushu: 40. Fukuoka, 41. Saga, 42. Nagasaki, 43. Kumamoto, 44. Oita, 45. Miyazaki, 46. Kagoshima,
I. Okinawa: 47. Okinawa

Administrative divisions of Japan
Prefectural level
Prefectures
(都道府県 todōfuken)
Subprefectural level
Subprefectures
(支庁 shichō)


Districts
(郡 gun)

Municipal level
Designated cities
(政令指定都市 seirei-shitei-toshi)


Core cities
(中核市 chūkaku-shi)


Special cities
(特例市 tokurei-shi)


Cities
(市 shi)


Special wards (Tokyo)
(特別区 tokubetsu-ku)


Towns
(町 chō, machi)


Villages
(村 son, mura)

Sub-municipal level
Wards
(区 ku)



Sumber: Wikipedia

Thursday, January 19, 2012

The Fun Theory


dalam mengubah atau memperbaiki tingkah laku seseorang biasanya dilakukan dengan cara penerapan hukuman dan reward itulah yang tertuang dalam aturan/hukum. tapi hal ini sering kali tidak efektif karena akan berusaha untuk dilanggar. Nah dalam kesempatan ini saya ingin mengutarakan sebuah gagasan ide dimana sesuatu yang sederhana yang lucu dan menarik (menyenangkan) dapat mempengaruhi tingkah laku individu masyarakat.

ide dan gagasan ini untuk lebih jelasnya anda dapat mengunjungi website ini : thefuntheory.com
This site is dedicated to the thought that something as simple as fun is the easiest way to change people’s behaviour for the better. Be it for yourself, for the environment, or for something entirely different, the only thing that matters is that it’s change for the better.
dalam web ini juga diselenggarakan kompetisi untuk ide-ide kreatif yang menarik yang dapat berguna dalam aplikasi nyata. ide yang terpilih akan dijadikan project nyata untuk diujikan pada situasi nyata masyarakat.
“change behavior by making it fun” and the ideas that win become a reality!

ada pun beberapa contoh dari penerapan teori ini, simak pada video dibawah ini:
PIANO STAIRCASE: ”Take the stairs instead of the escalator or elevator and feel better” is something we often hear or read in the Sunday papers. Few people actually follow that advice. Can we get more people to take the stairs over the escalator by making it fun to do? See the results here


sumber: www.thefuntheory.com

Sunday, January 15, 2012

KEMACETAN di Kota-kota Indonesia


ada sebuah prediksi menarik yang perlu disikapi mengenai kemacetan di kota-kota besar di Indonesia. bahkan untuk Kota Jakarta pada tahun 2014 diprediksikan akan mengalami macet total. hal ini memang sangat nyata di depan mata jika kita melihat dan merasakan sendiri bagai mana lalu lintas di Jakarta.
ada pernyataan "lucu" yang baru saja saya dengar bahwa: "jakarta macet, bukan masalah tapi merupakan bukti nyata meningkatnya perekonomian". wah kalo gitu kota paris, itali, jepang yang warganya lebih makmur lebih macet donk? HEI, coba ngaca dulu....

sebelum lebih lanjut, ada baiknya kita bahas kenapa bisa macet?
jawaban ilmiah dan sudah pasti: "karena jumlah luas jalan tidak sebanding dengan dengan apa yang dibutuhkan oleh kendaraan pada waktu dan tempat tersebut". Tapi kenapa bisa demikian?
untuk kasus di Indonesia bisa saya cermati sebagai berikut, ada beberapa faktor yang menyebabkan demikian (menurut kaca mata saya):
1. Masyarakat indonesia punya budaya macet
2. Indonesia terikat dengan industri otomotif negara lain, sebut saja yang paling dominan dari Jepang
3. kurang nya perhatian pada Publik Transportasi Masal

mari saya bahas satu persatu:
1. Budaya Macet: sorry, i have to say. Indonesia ini memang memiliki budaya macet. beberapa indikasi / contoh nya:
a) "budaya konsumtif" termasuk juga pada produk otomotif (cek saja penambahan jumlah mobil baru di Indonesia).
b) Mobil itu dianggap sebagai representasi dari kekayaan dan kesuksesan seseorang. kalo orang sukses di Indonesia ini pasti sering dilihat dari apa "kendaraannya". coba aja anda mejeng/gaul dengan naik mobil dibandingkan dengan yang naik busway, mana yang lbh gaul, dan dilirik cewek???
c) memakai mobil padahal yang didalam nya cuma 1-2 orang, kalo banyak yang kayak gini jelas lah buang-buang space. makanya ada kawasan 3 in 1, tapi ini juga tidak efektif, kan bisa pake joki.
d) kenapa tidak pake angkutan umum saja? jawab nya: angkutan umum sesak, AC nya ngak bagus, panas, dll. (harus diakui juga angkutan umum indonesia masih sangat kurang nyaman)
e) kurangnya "budaya disiplin" perhatikan saja di perempatan lampu merah pada kota-kota besar. trus perhatikan saja orang yang naik ke atas gerbong kereta api. perhatikan juga orang yang melanggar jalur bus way. wah banyak deh contoh nya betapa orang indonesia tidak tertib berlalu-lintas

2. Indonesia Boneka Industri Otomotif dari Luar
berapa banyak pabrik otomotif di indonesia baik roda 2 dan 4 ? berapa besar tenaga kerja yang di serap? berapa besar pemasukan pemerintah (baik yg jelas ataupun yg gelap) dari perusahan ini? SO PASTI akan sangat susah sekali di indonesia akan ada aturan pembatasan kendaraan baik dari segi umur dan jumlah. akan susah sekali menaikkan pajak untuk otomotif. Dari segi regulasi indonesia ini sudah dikuasai produsen luar. sorry to say : Sadar tidak sadar kita ini kan Negara Kapitalis.

3. Kurang nya Perhatian Terhadap Transportasi Publik Masal
sebenarnya upaya bus way kota jakarta sudah cukup baik tapi kebali lagi infrastruktur kota belum memadai. banyaknya orang yg melanggar jalur ini. ada 2 syarat utama publik transportasi masal yang sukses yaitu "nyaman" dan "on time". apa bisa indonesia menciptakan transportasi publik seperti ini? kalo naik angkutan umum sama juga macet + tidak nyaman, ya omong kosong itu program.

APA SOLUSI MACET INDONESIA ?
saya adalah orang yang 100% tidak setuju dengan jawaban: "solusi macet adalah pelebaran / penambahan ruas jalan" ini adalah solusi yang hanya sepintas yang bersifat sort time. cuma ada satu jawaban utama untuk memperbaiki kemacetan yaitu "Publik Transportasi Masal".
1. buatlah transportasi masal yang NYAMAN dan ON-TIME (minimal jarak dan waktu tempuhnya bisa di prediksi dengan tepat)
2. buatlah publik transportasi yang ada "node" berupa titik simpul pemberhentian. jangan meniru angkot yang bisa ngetem dimana saja menaik dan menurunkan penumpang (ini malah bikin macet). upayakan fasilitas pendukung node ini yg nyaman seperti halte, terminal, stasiun yang nyaman. dengan meletakkan node yang baik, maka akan mudah mengontrol titik padat yang harus dikelola. coba baca mengenai teori TOD (transit oriented development) semoga dilain waktu saya sempat menuliskan tentang teori ini.
3. TEGAS pada aturan.
saya ambil bus way sebagai contoh: buatlah sebuah jaringan bus way yang baik. dengan titik node yang baik atau tidak asal-asalan. lalu sediakan jalur khusus yang baik. jaga kenyaman didalam bus dan di halte nya. lalu pastikan bus itu dapat tiba di setiap node on-time. jgan biarkan kendaraan lain memakai jalur busway. kalo mau macet masa bodoh, terkadang kita memang harus tegas untuk membenarkan budaya macet itu sendiri. jika bus way bisa nyaman dan ontime, masyarakat yg hobi dan bangga dengan kendaraanya biarkan menikmati kemacetannya. cepat atau lambat masyarakat akan sadar pada apa yang namanya "quality of time". saya yakin mereka akan beralih ke moda transportasi publik.

trus apa yang salah pada busway di jakarta?
jika anda menyimak tulisan saya diatas, maka anda akan memahami bahwa ada beberapa poin yang tidak terpenuhi busway jakarta, antara lain: penempatan node yang baik, nyaman, on-time, pengamanan/pertahanan jalur busway, fasilitas pendukung.

sekian tulisan saya, semoga berkenan. jika ada salah kata / kesalahan mohon maaf.

Friday, January 13, 2012

COMMUNITY SCARY PLACE TOUR

Komunitas petualang tempat angker

sebuah tempat/ kota, acapkali memiliki mitos angker. hal ini jika kita pandang sebagai sebuah hal yang positif merupakan sebuah aset kota untuk di kembangkan, serta dapat menghidupkan kota dimalam hari. tempat angker biasanya merupakan bangunan tua yg kaya akan sejarah namun kerap tidak terawat. upaya konsumsi objek "angker" ini sebagai sebuah kegiatan "tour" selain dapat mempromosikan sejarah juga dapat memberikan kontribusi pada tempat tersebut sehingga diperhatikan dan terawat.
ada banyak studi banding yang dapat kita jadikan contoh akan kegiatan ini. seperti halnya di Amerika ada sebuah komunitas yang bernama "american ghost society" yang kerap mempromosikan tempat angker sebagai objek petualangan malam. bahkan tempat-tempat ini saling berkompetisi guna meningkatkan kunjungan ke tempat merekadi London, bahkan ada paket perjalanan yang bernama "The Ghost Bus Tour" dimana bus ini akan melintasi tempat-tempat bersejarah yang sarat akan mitos angker yang ada di kota London.
di Transylvania yang terkenal akan aset kastil "drakula", kota ini telah memanfaatkan mitos dan potensi fisik kastil yang ada sebagai icon kota sehingga dapat memberikan kontribusi pariwisata pada kota ini.
bahkan ada efent tahunan di amerika yang dikenal dengan Halloween. sesuatu yang angker terkadang dapat dibungkus menarik. bahkan anak-anak menikmati festival ini.
Nah bagaimana dengan Perspektif ide ini di Indonesia?
wacana tentang hal berbau "angker" di Indonesia sudah tidak asing lagi. buktinya banyak film yang mengangkat tema tersebut sebagai sebuah konsumsi tontonan publik
bahkan di Bandung dulu pernah ada kegiatan yang bernama "URBAN-dung Legend Walking Tour" yang ide nya adalah berwisata malam melewati tempat-tembat bersejarah dan angker yang ada di kota bandung.

INTISARI:
  • setiap kota tua (heritage) akan punya sejarah dan mitos dan sering legenda yang ada merupakan sebuah keangkeran yang sering membuat tempat tersebut justru di telantarkan. jika kita sikapi dengan arif ini dapat sebagai aset promosi kota.
  • ini merupakan salah satu gagasan untuk memfungsikan kota dimalam hari. memberikan sebuah aktivitas baru yang dapat berkontribusi bagi kota.
  • perlu juga disadari "percaya-atau tidak" ada dimensi lain / dunia gaib di semesta ini. jadi hendaknya kegiatan ini tdak saling menggangu. sehingga hal-hal yang tidak diinginkan justru merusak gagasan ide ini. hendak nya saling menghormati.

"ide nyeleh terkadang berdampak nyata"

Wednesday, January 11, 2012

What make street in Ginza (銀座) be good public open space ?

ini merupakan printscreen dokumen presentasi saya bersama Chairul Maulidi, mengenai objek "good public open space" dalam tugas tersebut kami mengangkat Ginza sebagai objek studi.

Monday, January 9, 2012

Kiamat Menurut Hindu "Maha Pralaya"


sekarang tahun 2012, tahun yang sarat akan prediksi dan ramalan kiamat. untuk ini saya ingin sedikit berbagi mengenai kiamat menurut versi Hindu. tulisan ini sangat dapat diberdebatkan, karena sesuatu yang tidak pasti, berada dalam kekuasan Tuhan. manusia hanya bisa bertafsir tapi kepastian itu ada pada Tuhan mengenai kiamat ini.

"kalau saja aku berhenti bekerja, maka dunia ini jatuh dalam kemusnahan dan aku akan menjadi sebab dari kekacauan hidup dan menghancurkan semua mahluk" (Bhagawadgita III.24)

benarkah kiamat akan terjadi 21 desember 2012?
inilah ketakutan yang menghantui dunia, setelah film "2012" virus hari kiamat datang lagi. sebenarnya hari kiamat atau the judgement day (hari penghitungan amal) bukanlah hal baru, karena sudah dibicarakan sejak tahun 500M. banyak wacana dilontarkan, perhitungan diutarakan, misalnya seorang pendeta dari korea selatan mengatakan bahwa kiamat akan tiba pada bulan Oktober 1992 (tidak terbukti). wacana kiamat ini muncul lagi setelah "The Mayan Prophecies" (1995) ramalan kalender suku maya. apalagi film "2012" dirilis, meramalkan kiamat akan datanf 21-12-2012 atau akhir siklus 5.125 kalender kuno suku maya. Dramatisasi kiamat suku maya juga dikaitkan dengan Proseedongs of The National Academy of Sciences, yang menyatakan lebah-lebah mati karena patogen dan 'pengurangan keragaman genetik'. juga spekulasi ilmiah ledakan Betelgeuse yang digambarkan ilmuawan sebagai Core-Collapse Type II Supernova yang kemungkinan menyebabkan terjadinya pemusnahan bumi, ditambah mitos planet nibiru yang akan menghantam bumi tahun 2012. Hari kiamat sebenarnya berasal dari kepercayaan Zoroaster, kemudian diadopsi oleh agama-agama rumpun yahudi. juga agama-agama zamawi secara eksplisit menyebut adanya hari kiamat.
lalu bagaimana hari kiamat dalam terminologi Hindu?

* * *

Hindu menyebut Maha Pralaya sebagai hari kiamat, berkaitan erat dengan evolusi umur bumi yang disebut Yuga. Kosmologi Hindu, Mengatakan alam Semesta dibagun dari lima unsur yang disebut panca maha butha, yaitu: Pertiwi (zat padat), Apah (zat cair), Teja (plasma, api), Bayu (zat gas, udara), Akasa (ether). Brahman menciptkan alam semesta melalui tapa, saat dan setelah alam semesta tercipta, Brahman menyatu kedalam cintaanNya.

"sa tapo ' tasyata, so tapas taptw, idam sarwam asrjata, yad idam kim ca, tat srstwa tad ewa anuprawicat, tad ewa anuprawicya sac ca tyao ca abhawat" "Tuhan melakukan tapa, setelah mengadakan tapa, terciptalah semuanya, yaitu segala sesuatu yang ada di alam ini. setelah menciptakan, kedalam cintaanNya Tuhan menjadi satu" (Taittriya Upanisad)

"Dunia" yang diciptakan pada saat penciptaan (srsti) bersifat kekal abadi karena diciptakan dariNya sendiri seperti dinyatakan dalam Kitab Upanisad : "purnamadah purnamidam, purnt purnam udayate, purnasya purnamadaya, purnam eva awacisyate" ("Tuhan itu maha sempurna, alam semesta inipun sempurna, dari yang sempurna lahirlah yang sempurna, walaupun dari yang sempurna (Tuhan) diambil oleh yang sempurna (alam semesta) tetapi sisanya (Tuhan) tetaplah sempurna adanya"). sloka ini menunjukkan bahwa alam diciptakan dan akan kembali kepadaNya. saat itulah terjadi Maha Pralaya (Kiamat). ibarat laba-laba membentuk jaring dari badannya dan saat maha pralaya (urna nabhawat) benang akan ditarik lagi kedalam dirinya. jadi Maha Pralaya akan terjadi dakan suatu siklus yang sangat panjang dan rumit. Karena Maha Pralaya berhubungan dengan siklus waktu yang disebut yuga, kalpa, manwantara menuju Maha pralaya.

bahwa alam semesta ini diciptakan, dimusnahkan dan diciptakan lagi menurut suatu siklus yang berputar abadi. siklus ini dinamakan Kalpa (seribu Yuga). satu Kalpa sama dengan 4.320.000.000 tahun bagi manusia, atau sama dengan satu hari bagi Brahman.

1 kalpa = 4.320.000.000 tahun manusia = 1 hari Brahman

Kosmologi Hindu, mengatakan alam semesta berlangsung satu kalpa, setelah itu dihancurkan oleh unsur api atau air. Lalu, Brahman beristirahat semalam. Proses itu disebut maha pralaya (katalismik) dan berulang-ulang selama ratusan tahun bagi Brahman (311 Triliun tahun bagi manusia).

alam semesta sedang berada di tahun ke-51 Brahman atau 155 triliun tahun setelah Brahma lahir. setelah Brahma melewati usia yang ke-100, siklus yang baru dimulailagi, segala ciptaan yang dimusnahkan diciptakan kembali, begitu seterusnya. tiap satu siklus disebut Mahayuga. Yuga terdiri dari empat bagian, tiap bagian memiliki karakter berbeda-beda. Mahayuga memiliki 71 siklus, tiap siklus terdiri dari 14 Manwantara (1000) tahun.

Mahayuga diawali zaman keemasan disebut Satyayuga, diakhiri dengan zaman kegelapan disebut Kaliyuga. ketika Kaliyuga berakhir, zaman baru akan muncul, dimana manusia-manusia jahat dibinasakan sebelum melalui kehidupan baru yang lebih damai. itulah siklus Satyayuga menuju Kaliyuga, dan juga Kaliyuga menuju kembali ke Satyayuga. seperti musim panas ke musim dingin dan sebaliknya, terus menerus. setelah 14 Manwantara berlangsung, disebut suatu periode Kalpa. saat periode ini, alam semesta lebur disebut Maha Pralaya.

Pralaya adalah sinonim dari Samhara, satu dari lima fungsi Siwa yang berarti 'berakhir', menyerap kembali alam di akhir jaman. menurut Wisnu Purana dan Agni Purana, ada 4 jenis Pralaya:
1. Prakritika Pralaya, yaitu pralaya secara total setelah manwantara ke-14. alam semesta beserta isinya, kembali ke Brahman dalam wakru satu malam Brahman. selanjutnya akan terjadi penciptaan lagi dengan manwantara pertama. prakritika pralaya inilah yang mungkin identik dengan kosep kiamat menurut kepercayaan lainnya.
2. Naimittika Pralaya, yaitu pralaya yang terjadi dalam satu periode manu. terbatas dalam setiap akhir manwantara. ini artinya akan terjadi 14 kali naimittika pralaya atau kiamat terbatas atau kehancuran secara terbatas.
3. Atyantika Pralaya, yaitu pralaya yang disebabkan oleh kemampuan spiritualnya melalui suatu pemberdayaan jnyana yang amat kuat sehingga seluruh dirinya masuk secara utuh lahir batin kepada Brahman.
4. Nitya Pralaya, yaitu proses kematian setiap saat semua mahluk hidup. bahkan dalam diri kita puntiap detik ada sel tubuh yang pralaya / mati dan digantikan dengan sel yang baru. sel tubuh manusia mengalami peristiwa utpati (penciptaan), sthiti (pemeliharaan), dan pralina (peleburan) setiap saat.
diluar itu, ada Yuga Pralaya, di akhir Maha Yuga, pada saat itu terjadi banyak kematian (misalnya akibat perang maupun bencana alam)

pralaya dalam filsafat Samkya berarti 'kosong' tiada apapun, keadaan yang dicapai ketiga triguna (satwam, rajas, tamas) berada dalam posisi seimbang. Maha Pralaya adalah suatu proses alamiah yang dikehendaki Brahman, digambarkan sebagai Maha Kriya sekaligus Maha Kuasa. Sebelum Maha Pralaya terjadi, apabila awidya (kegelapan) mengakibatkan manusia mengalami kesengsaraan, maka Brahman sendiri akan muncul berwujud awatara. Bhagawadgita (II.7). dikenal ada sepuluh awatara, yaitu:
1. Matsya (sang ikan)
2. Kurma (sang kura-kura)
3. Wahara (sang babi hutan)
4. Narasinga (sang manusia berkepala singa)
5. Wamana (Brahmana mungil, orang kerdil)
6. Parasurama (Sang Brahmana bersenjata kapak - ksatria)
7. Rama (raja ayodhya)
8. Kresna (sang pengembala)
9. Buddha dan atau Baladewa (sang pemuka agama, Siddharta Gautama)
10. Kalki (sang Penghancur). awatara yang kesepuluh (kalki) belum turun ke dunia.

hari kiamat sebagai hari penghitungan dosa atau hari penghukuman berbeda dengan Maha Pralaya Hindu. Maha Pralaya merupakan periode observasi atau istirahat planet, kosmik, alam, merupakan masa manifestasi yang dikembalikan lagi oleh Manwantara. Segala yang diciptakan akan kembali menyatu dengan Tuhan. Maha Pralaya bukanlah suatu kejadian menakutkan, tetapi suatu kejadian yang menyenangkan (santa) karena pada saat itu, segala wujud yang berasal dari Brahman kembali kepada Brahman. Moksartham Jagadhita...


disadur dari 'Kalender Bali 2012' yang disusun oleh: I Kt. Bangbang Gde Rawi (alm) dan putra-putranya.
“Harturyati na gocaram kimapi sam pusnati yatservad, hyarthibhyah prati padyamanamanisam prapnoti Vrddhimparam, kalpantesvapi na prayati nidhanam vidhyakhy – amantardhanam, yesam tanprati manamujjnata nrpah kastai saha spardhate”

Pengetahuan adalah kekayaan yang tidak bisa dicuri oleh siapapun, semakin banyak diberikan akan semakin berkembang, dengan memiliki pengetahuan akan hadir kedamaian dalam diri manusia
(Niti Sataka – sloka 12)